Gamification Jadi Tool Baru Dukung Proses Belajar Mengajar

Selain Azmy Zen, hadir pula secara online dosen Universitas Udayana Bali Ni Made Ras Amanda.

Dia membahas materi dari sudut pandang pilar kecakapan dan etika digital.

Lalu, ada musisi sekaligus kreator konten Danin Sibilo (pilar budaya digital), yang dipandu oleh moderator Theodora Mayang.

Ni Made Ras Amanda mengatakan, dalam proses memanfaatkan banyaknya pilihan aplikasi, siswa dan kaum pembelajar mesti berhati-hati dan selalu waspada.

Sebab, banyak sekali serangan penipuan dan penjahat yang juga terus belajar mencari korban baru.

”Hati-hati dengan jebakan APK yang mendadak menawarkan hadiah jutaan, tapi dengan syarat mengklik link yang mereka tawarkan,” ujar Amanda.

“Bukan dapat ilmu, tapi saldo m-banking kita habis,” kata Ras Amanda, seraya menyebut pengusaha di Bali yang  uangnya hilang  hingga Rp 1,8 miliar.

”Jangan sembarang klik link meski tawarannya menggoda,” pintanya.

Sementara itu, Danin Sibilo mengingatkan para pelajar untuk tidak mudah tergiur godaan game judi online.

Mengutip data Kominfo, di kalangan pelajar kasus kecanduan judi online dengan bentuk game dari 2018- September 2023 sudah terulang 9.607 kasus.

BACA JUGA:
Kecakapan Digital Dibutuhkan untuk Modal Bertindak Cermat di Medsos
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More