Optimalisasi Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Strategi Belajar
Oleh Fransiskus Kandra, S.Pd., Kepala UPTD SDI Meni Lontong
Kahoot! adalah aplikasi berbasis permainan yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran. Dengan Kahoot!, kuis dapat dimainkan secara langsung di dalam kelas atau dilakukan secara jarak jauh. Guru membuat serangkaian pertanyaan dengan beberapa opsi jawaban, dan siswa menjawabnya melalui perangkat mereka, seperti ponsel atau laptop. Setiap sesi Kahoot! bersifat kompetitif, karena siswa akan mendapatkan poin berdasarkan kecepatan dan ketepatan jawabannya. Aplikasi ini mendukung Bahasa Indonesia, sehingga guru dan siswa di Indonesia dapat menggunakannya dengan mudah.
Fitur utama:
– Kuis berbasis permainan dengan format yang menyenangkan.
– Tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
– Siswa dapat bermain secara individu atau dalam kelompok.
– Analisis hasil yang instan untuk guru.
Quizizz
Quizizz adalah platform kuis yang memungkinkan guru membuat dan membagikan kuis kepada siswa dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Berbeda dengan Kahoot!, Quizizz dapat dimainkan dalam mode asinkron (siswa dapat menyelesaikan kuis di waktu mereka sendiri) atau dalam mode langsung. Quizizz mendukung Bahasa Indonesia, sehingga siswa di Indonesia dapat menggunakannya dengan mudah. Platform ini juga memberikan analisis hasil secara real-time, sehingga guru dapat melihat performa siswa secara individual maupun kelompok.