Manggarai Timur Darurat ODGJ, Butuh Perhatian Semua Pihak

Dia juga mengimbau semua pihak untuk tidak mengucilkan penderita ODGJ dan menempatkan mereka sama dengan orang normal pada umumnya.

Senada dengan Hans, Koordinator Kelompok Insanis (KKI) Peduli ODGJ Manggarai Timur, Markus Makur mengatakan, kepedulian terhadap ODGJ harus jadi perhatian bersama semua pihak khususnya pemerintah.

Selama ini, jurnalis Kompas .com itu mengaku, dia bersama relawan KKI hanya sebatas mengunjungi serta mendata keberadaan ODGJ di seluruh Manggarai Timur meski belum semuanya terjangkau.

“Intinya ini kan masalah bersama dan harus ditangani bersama-sama. Relawan bertugas semata untuk mengunjungi, menggali dan mendata penderita khususnya yang dalam pasungan. Kita harapkan Negara juga harus hadir melalui program dengan dukungan anggaran pengobatan untuk sembuhkan mereka,” jelasnya.

KKI selama ini telah memulihkan ODGJ yang dipasung dengan kerja sama dengan petugas medis dan Dinkes Matim. Dia berharap ke depan penanganan ODGJ lebih terprogram oleh pemerintah baik pusat maupun daerah.

BACA JUGA:
Buka Konsultasi Publik I KLHS RPJMD 2021-2026, Bupati Belu: SDGs/TPB Jawab Tuntutan Para Pemimpin Negara Atasi Kemiskinan
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More