Manggarai Timur Darurat ODGJ, Butuh Perhatian Semua Pihak

“Tentu penyakit ini bisa sembuh atau pulih dengan cara pengobatan rutin atau pendekatan kemanusian yang lebih pada sentuhan hati atau apa yang menjadi kebutuhan mereka setiap saat,” jelasnya menambahkan.

Sebagai anggota dewan yang mewakili dapil Manggarai Raya dia mengaku akan mendorong pemerintah kabupaten Manggarai Timur atau Pemerintah Provinsi NTT, terutama Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk segera membuat program prioritas untuk menyembuhkan para ODGJ ini yang tersebar begitu banyak di Kabupaten Manggarai Timur.

“Fungsi penganggaran kami akan berjalan dengan baik manakala pemerintah memprogramkannya dengan baik dan diusulkan mulai dari pengobatan, pencegahan sampai kepada pelatihan tenaga medis atau para pendamping mereka,” jelasnya.

Menurut dia, keterlibatan semua pihak akan menjadi jalan keluar menekan tingginya kasus ODGJ di NTT, khususnya di Manggarai Timur.

“Penyakit ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah sebagai pelopor program ODGJ, lalu diikuti oleh semua masyarakat, LSM atau para penggiat lainnya. Bukan hanya Dinkes saja, Dinas sosial wajib untuk menganggarkan biaya yang terkait dengan kebutuhan sosail dalam kehidupan sehari hari seperti perumahan yang layak, makan minum selama dia sakit dan pasca pemulihan,” jelasnya.

BACA JUGA:
PKB Manggarai Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Pilkada 2024
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More